Minggu , 24 Juni 2018

Punya Harta Lebih Banyak dari Prabowo

 

Gatot Nurmantyo.

thejak.co – Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo disebut-sebut memiliki harta lebih banyak dari Prabowo Subianto. Hal itu diungkap oleh Mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zein.

“Perkiraan saya, nggak usah disebutkanlah, Gatot uangnya banyak, melebihi dari uangnya Prabowo,” ujar Kivlan setelah menghadiri acara silaturahmi tokoh nasional menuju Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (8/3).

Kivlan optimistis Gatot akan menjadi capres alternatif yang mumpuni. Saat ini poros ketiga memang tengah ramai dibicarakan agar Pilpres 2019 tidak hanya memunculkan dua capres seperti pemilu lalu, yakni Prabowo dan Joko Widodo. “Saya tahu (Gatot punya banyak uang), kalau Gatot dipilih bagus juga, sudah terang dia ke mana orientasinya,” tutur Kivlan.

Gatot bulan ini akan memasuki masa pensiun dari TNI. Nama jenderal bintang empat itu memang sudah masuk bursa capres/cawapres.

Soal Pilpres 2019, Kivlan berbicara mengenai modal bagi kandidat. Dia tak menampik sejauh ini yang memiliki modal terkuat adalah Jokowi dan Prabowo. Modal yang dimaksud Kivlan bukan sekadar dana.

“Jokowi sudah 5 tahun, sudah punya pengalaman dong, Prabowo pernah birokrat punya pengalaman dong, gampang untuk pengalaman memimpin negara toh, benar apa tidak itu aja,” tuturnya.

“Yang kedua, mencari-cari doang gampang, pajaknya ada atau nggak? Kecuali dapat runtuh dari langit duit, nggak tahu ya,” imbuh Kivlan.

Purnawirawan TNI bintang dua itu juga meyakini Prabowo tak akan mau berduet dengan Jokowi sebagai cawapres. Isu tersebut pun sempat berembus memasuki tahun politik ini. “Nggak akan mungkin Prabowo mau, sudah nomor 1 disuruh jadi nomor 2, tidak akan mau,” tukasnya.

Menanggapi hal ini, Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut modal uang tak bisa membeli kekuatan parpol. “Sekarang modal uang bisa beli partai berapa?” ujar Dasco.

Ia menyatakan partainya tak merasa tersaingi oleh sosok Gatot, yang disebut-sebut akan maju sebagai capres. Menurut Dasco, kekuatan Prabowo untuk maju di Pilpres 2019 sudah tak perlu diragukan.

Gimana ceritanya modalnya lebih gede dari Prabowo? Yang diukur modalgede tuh apa? Pak Prabowo modal utamanya punya partai terbesar ketiga di Indonesia. Itu udah modal,” ujarnya.

Senada, Wasekjen Golkar Sarmuji juga mengatakan, uang bukan tolok ukur utama untuk mencalonkan diri sebagai capres.

“Kuat atau nggaknya itu nanti tergantung pertimbangan masyarakat. Kita tidak bisa memprediksi per hari ini karena pemilu masih lama. Tapi modal uang itu tidak menjamin semuanya,” ujarnya.

Sarmuji mengatakan, apabila Gatot ingin maju sebagai capres, ia harus bisa membangun kedekatan dengan masyarakat. Menurutnya, kecintaan rakyat terhadap calon pemimpin tak dapat dibeli dengan uang.

“Kecintaan rakyat itu berdasarkan apa-apa yang dipersepsikan rakyat baik. Connecting dengan perasaan masyarakat. Seorang calon kalau punya koneksi dengan masyarakat, kemungkinan besar akan didukung masyarakat,” jelasnya.

Perlu diketahui, selain elektabilitas, kekayaan Prabowo pun jauh di atas Gatot. Berdasar data yang dilaporkan ketika maju dalam pemilihan presiden 2014, total kekayaan Prabowo mencapai Rp 1,67 triliun dan USD 7,5 juta.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus ini memiliki harta tidak bergerak berupa: 4 bidang tanah senilai Rp 105.892.190.000, 8 unit alat transportasi Rp 1.432.500.000, Usaha peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, kehutanan, pertambangan, dan usaha lainnya senilai Rp 12.196.000.000 serta Barang-barang seni dan antik yang dimilikinya senilai Rp 3.000.500.000.

Prabowo juga memiliki harta bergerak lain sebanyak 127 jenis dengan nilai Rp 1.221.727.000, Surat berharga Rp 1.526.182.000.011 dan USD 7.500.000. Uang tunai, deposito, tabungan, giro dan setara kas lainnya Rp 20.496.657.361 (4 Rekening) dan USD 3.134 (1 rekening). Namun dia juga memiliki utang sebesar Rp Rp 28.993.970.

Saat musim kampanye Pemilu 2014 lalu, Prabowo tercatat beberapa kali tampil menunggangi kuda jenis Lusitano yang didatangkan langsung dari Portugal. Harga kuda yang oleh Prabowo dinamai Principe itu ditaksir sekitar Rp 3 miliar. NH

 

Share

Check Also

Pilgub Kalbar, Survei LSI Sebut Milton-Boyman di Atas Angin

thejak.co – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Milton Crosby-Boyman Harun digadang-gadang akan berada ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *